TATANAN KEHIDUPAN MASYARAKAT SEHAT YANG MANDIRI

update data per 2020

  1. Indikator Makro Pembangunan Kesehatan
  • Angka Harapan Hidup

Angka harapan hidup didefinisikan sebagai rata-rata perkiraan banyak tahun yang dapat ditempuh oleh masyarakat sejak lahir yang mencerminkan kualitas kesehatan suatu masyarakat sehat mandiri. Kualitas kesehatan masyarakat kelurahan Tunjungsekar berada di 70-80 tahun .

  • Angka Kematian Ibu

Angka Kematian Ibu (AKI) juga menjadi salah satu indikator penting dari derajat kesehatan masyarakat. Berdasarkan laporan Puskesmas jumlah kematian ibu maternal selama 2018-2020 di Tunjungsekar 0 kasus.

  1. Pelaksanaan Olahraga Bersama Masyarakat

Dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat, masyarakat bersama pemerintah kota melaksanakan gerakan bersama dengan berolahraga. Gerakan olahraga rutin dimasyarakat dilaksanaakan setiap hari minggu di Tiap RW di Kelurahan Tunjungsekar. Kelompok olah raga Jantung sehat telah ada sampai ketigkat Kelurahan dan Komunitas.

  1. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Perilaku masyarakat adalah faktor penyebab utama permasalahan kesehatan, sehingga masyarakat sendiri yang dapat menyelesaikan masalahnya dengan pendampingan/bimbingan Puskesmas Mojolangu . Kemunculan Kampung STBM Mbesuk Abyaar yang diinisiasi dari kebutuhan masyarakat akan prilaku hidup bersih dan sehat . Adanya beberapa komunitas Lansia Mandiri.

Jumlah Bank Sampah 5 unit

Jumlah Bank popok 5 unit

Jumlah Bank jelantah 13 unit

  1. Biofil dan IPAL

Pengelolaan Limbah secara komunal adalah langkah untuk mewujudkan Kelurahan Tunjungsekar ODF 100%.

Jumlah JSSP ( Jamban Sehat Semi Permanen ) awal 221 KK

Jumlah JSSP ( Jamban Sehat Semi Permanen ) Progres 64 KK

Jumlah Jamban sharing 5 kk

  1. Penyediaan Air Bersih

Air adalah salah satu sumber kehidupan, dan setiap manusia memerlukan air bersih. Persentase penduduk yang terakses air bersih di Kelurahan Tunjungsekar semakin meningkat dengan di tandai meningkatnya pelanggan PDAM sebanyak 50 % .

  1. Kesehatan Keluarga dan Kesehatan Reproduksi

Indikator pada kesehatan keluarga dan kesehatan reproduksi adalah menurunnya angka kematian ibu, berkembangnya kelompok masyarakat, reproduksi KB peduli dalam pelayanan kesehatan, tersedianya fasilitas pelayanan di tiap posyandu, konseling remaja dan terlaksananya pemeriksaan kesehatan pada siswa SD oleh tenaga kesehatan terlatih/guru UKS. Jumlah persalinan dengan pertolongan tenaga kesehatan di Kelurahan Tunjungsekar mencapai 100 %.

  1. Imunisasi

Untuk menurunkan angka kesakitan, kematian dan kecacatan bayi serta anak balita perlu dilaksanakan program imunisasi untuk penyakit- penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

  1. Pelayanan, Pengobatan Dan Perawatan

Indikator Kota Sehat pada pelayanan, pengobatan dan perawatan adalah meningkatnya penggunaan posyandu purnama & mandiri.

Jumlah Posyandu balita di kelurahan Tunjungsekar 10 unit

Jumlah Posyandu lansia di kelurahan Tunjungsekar 10 Unit

Puskesmas Pembantu 1 unit

Jumlah Komunitas BKB ( Bina Keluarga Balita ) di Kelurahan Tunjungsekar 5 unit

Jumlah Komunitas BKR ( Bina Keluarga Remaja ) di Kelurahan Tunjungsekar

Jumlah Komunitas BKL ( Bina Keluarga Lansia ) di Kelurahan Tunjungsekar 1 unit

Jumlah Pusat Informasi dan Konseling Reproduksi Remaja 4 Unit

Jumlah Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) 1 unit

  1. Pemberantasan Penyakit Malaria dan DBD

Penyakit Malaria merupakan penyakit yang ditularkan oleh vector peran kader jumantik di kelurahan Tunjungsekar sangat penting dengan kegiatan pemeriksaan jentik secara berkala di rumah – rumah penduduk.

10. Pencegahan Penyakit Degeneratif

Indikator pada pencegahan degeneratif adalah meningkatnya kelompok jantung sehat, kelompok anti diabetes, kelompok sehat pencegahan osteoporosis. Sosialisasi Prilaku hidup sehat dan pengenalan macam- macam penyakit degeneratif di lakukan secara berkala.

11. Penanggulangan Covid

Terdapat 1 kampung tangguh yang di bina oleh Kodim .

Pembentukan kader siaga covid yang di bina puskesmas ojolangu

Terdapat 2 Lumbung pangan

  • data covid

Pemberian santunan pada keluarga yang menjalankan isolasi mandiri , Pembagian masker geratis . Gerakan Cuci tangan pakai sabun hingga tingkat dasawisma.