SINERGITAS WARGA

Sinergitas warga tunjungsekar dan stakehorder mengatasi masalah

Tunjungsekar 10 febuari 2020 . Sungai yang melintasi wilayah Rw 06 , Rw 03, Rw 02 dan Rw 05 meluap hingga menimbulkan korban . Banyak rumah warga yang tergenang bahkan 2 rumah terterobos air dan 1 buah mobil hanyut dan terperangkap di bawah jembatan. Berkat sinergitas warga Tunjungsekar dan stake holder tragedi ini bisa di atasi. Proses evakuasi mobil baru bisa dievakuasi jam 00.40 dini hari tadi.

Sinergitas warga , lurah , babinkamtibmas hingga camat lowokwaru pun turun

Hujan yang hampir turun setiap hari di Kelurahan Tunjungsekar akhirnya menimbulkan korban . Kronologis kejadian diawali jebolnya pagar pembatas sungai di Rt 04 RW 02 sehingga daerah langganan banjir ini semakin besar dampaknya . Sebuah mobil sedan milik warga hanyut dan terdampar di bawah jembatan . Proses evakuasi baru selesai di lakukan jam 00.40 menggunakan alat berat.

Koordinasi warga , bapak lurah Tunjungsekar beserta staf ,berhasil menanggulangi masalah akibat luapan banjir. Babinkamtipmas Bapak Harianto dan Bapak Camat Imam Badar memantau secara langsung penanggulangan bencana ini . Alhamdulillah pada tahun ini akan segera di realisasikan 15 sumur injeksi di wilayah langganan banjir .

“Air banjir sebenarnya merupakan potensi yang bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki kondisi lingkungan. Namun justru air banjir ini menjadi bencana yang tidak pernah berkesudahan,” jelas pakar Water Technology dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr.-Ing., Ir.Mohajit, MSc dalam roundtable discussion  “Solusi Atasi Banjir Berbiaya Murah” di kawasan Kalibata Jakarta, Kamis (25/12/2014).



Sumur Injeksi

Sumur injeksi di beberapa kota di indonesia terbukti efektif mengatasi banjir . Semoga teknologi ini bisa kita terapkan di Kelurahan Tunjungsekar . Besar harapan bisa mengatasi persoalan daerah daerah yang selalu menjadi langganan banjir di kelurahan Tunjungsekar..

 Sumur injeksi merupakan salah satu dari sekian banyak cara atau teknik imbuhan buatan (artificial recharge), dengan cara menginjeksikan air ke dalam akuifer di bawahnya. Teknik sumur injeksi memerlukan instalasi pemompaan bertekanan tingi yang digunakan untuk memaksaan air untuk masuk ke dalam lapisan  akuifer,Sumur injeksi berfungsi memberikan imbuhan air secara buatan dengan cara menginjeksikan air ke dalam lapisan akuifer.

Sasaran  lokasi adalah daerah peresapan air  di kawasan budidaya, permukiman, perkantoran, pertokoan, industri, sarana dan prasarana olah raga serta fasilitas umum lainnya.

Di kutip dari rromadhonunj.blogspot.com/2014/02/teknik-sumurinjeksi.

Hal yang perlu di perhatikan bahwa kita akan menyalurkan air langsung ke bawah tanah . Apakah nanti tidak akan berpengaruh pada kwalitas ait tanah di sekitarnya jika tidak ada proses penyaringan terlebih dahulu.

Kita tau bahwa kualitas air luapan banjir di indonesia sangat buruk. Terkadang air banjir juga membawa material sampah. Hak ini akibat buruknya pengelolaan sampah dan prilaku masyarakat yang tidak peduli lingkungan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *