MASYARAKAT SEHAT

“GERMAS” Gerakan Masyarakat hidup sehat

“Germas” insyaallah diadakan setiap bulan rutin bergilir tiap RW di kelurahan Tunjungsekar. Gerakan ini di dukung sepenuhnya oleh dinas Kesehatan kota malang melalui UPT Puskesmas Mojolangu . Kegiatan “Germas” gerakan masyarakat hidup sehat ini terdiri dari senam sehat , pemeriksaan darah geratis , pemberian makanan sehat dan konsultasi kesehatan.

Kader pokja sehat , kader posyandu , kader lansia di bantu tenaga kesehatan dari UPT puskesmas Mojolangu memberikan pelayanan gratis tiap bulan. Di luar agenda rutin tiap bulan di posyandu , pelayanan ini diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan di Kota Malang.

Untuk mencapai produktivitas, Kemenkes merekomendasikan beberapa langkah terkait dengan pola hidup sehat yang bisa dilakukan oleh diri sendiri untuk mencegah berbagai masalah kesehatan.

1. Melakukan aktivitas fisik

“Jangan lupa untuk melakukan peregangan atau olahraga minimal 30 menit dalam sehari,” ucap Nina dalam di Gedung Sujudi, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta Selatan.

Aktivitas fisik dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Misalnya dengan berjalan kaki, melakukan pekerjaan rumah seperti menyapu atau mencuci, atau naik sepeda.

2. Makan buah dan sayur

Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari merupakan salah satu langkah hidup sehat. Batasilah makanan yang mengandung gula, garam, dan lemak yang terlalu tinggi.

“Makanan yang sehat adalah makanan yang dekat dengan bentuk aslinya dari alam. Jadi kalau mengonsumsi buah, lebih baik tidak usah di jus. Karena malah akan menghilangkan protein asli dari buah tersebut,” ucap dokter sekaligus pemerhati isu kesehatan, Tan Shot Yen.

3. Tidak merokok

Berhenti merokok dapat memberikan banyak manfaat. Beberapa diantaranya adalah tekanan darah, denyut nadi, dan aliran darah bisa membaik. Risiko kanker paru dan jantung koroner juga berkurang.

Cek kesehatan berkala

4. Tidak meminum alkohol dan menggunakan narkoba

Minuman beralkohol dan narkoba memiliki efek buruk bagi tubuh. Efek buruk yang ditimbulkan mulai dari kesehatan hingga efek sosial.

5. Cek kesehatan secara berkala

Untuk menjaga kesehatan, periksalah secara rutin setiap 6 bulan sekali. Mulai dari tekanan darah, kadar gula darah, kolestrol, hingga lingkar perut.

Jaga kebersihan lingkungan

6. Menjaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan dapat meningkatkan kualitas lingkungan. Bisa dilakukan dengan cara membuang sampah pada tempatnya, menggunakan air bersih, dan memastikan bahan makanan bebas dari pewarna maupun pengawet yang berbahaya.

7. Menggunakan jamban sehat

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan adalah dengan menggunakan jamban keluarga. Artinya, Anda harus membuang kotoran di tempat yang seharusnya.

Karena menggunakan jamban yang sehat dapat menghindari penyakit seperti diare, thypus, infeksi saluran pencernaan, penyakit kulit, dan keracunan.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *