BKB

BKB Bina Keluarga Balita kel. Tunjungsekar

Bina keluarga balita adalah kegiatan yang khusus mengelola tentang  pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar berdasarkan kelompok umur, yang dilaksanakan oleh sejumlah kader dan berada ditingkat RW. (Pedoman Pembinaan Kelompok Bina Keluarga Balita Tahun 2006) gambar kegiatan BKB di RW 5 kel. Tunjungsekar bulan november.

Bina Keluarga Balita (BKB) adalah upaya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional serta moral yang berlangsung dalam proses interaksi antara ibu/anggota keluarga lainnya dengan anak balita.

Implementasi kebijakan pemerintah untuk meningkatkan kualitas anak dalam rangka pembangunan keluarga dilakukan melalui Bina Keluarga Balita yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orangtua untuk mengasuh dan membina tumbuh kembang anak melalui kegiatan stimulasi fisik, mental, intelektual, emosional, spiritual, sosial dan moral. Pelaksanaan layanan BKB yang sudah terintegrasi dengan layanan Posyandu dan PAUD biasa dikenal dengan sebutan BKB Holistik Integratif (BKB HI).

Manfaat Bagi orang tua

  • Orang tua mendapat pengetahuan mengurus dan merawat anak serta pandai membagi waktu dalam pengasuhan anak
  • Untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang pola asuh anak yang benar
  • Untuk meningkatkan keterampilan dalam hal mengasuh dan mendidik nilai-nilai luhur sejak dini
  • Supaya lebih terarah dalam cara pembinaan anak
  • Agar mampu mencurahkan perhatian , kasih sayang terhadap anak sehingga tercipta ikatan batin yang kuat antara otang tua dan anak.
  • Agar mampu membentuk anak yang berkualitas.

Manfaat Bagi anak

  • Menanamkan nilai Ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sejak dini
  • Membentuk kepribadian luhur dari keluarga
  • Memantau Tumbuh dan berkembang secara optimal
  • Cerdas, trampil, dan sehat . Membantu ibu untuk memberikan stimulus untuk perkembangan Balita
  • Orang tua mempunyai panduan pendidikan dasar kepribadian yang kuat guna perkembangan selanjutnya. Mempersiapkan anak untuk tahap pendidikan selanjutnya.

Bagaimana proses pembentukan BKB?

Untuk bisa membentuk kelompok BKB memang bukan hal yang dapat dianggap pekerjaan mudah. Pasalnya pembentukan kelompok BKB merupakan upaya lintas sektor, disini perlu adanya persamaan kesepahaman mengenai bentuk dan konsep kelompok ini, baik oleh pemerintah, dan masyarakat. Kegiatan ini tidak akan dapat berjalan apabila tanpa ada dukungan dari berbagai pihak terkait seperti kepala desa, puskesmas.

3 thoughts on “BKB

  1. What’s Taking place i am new to this, I stumbled upon this I’ve discovered It positively helpful and it has helped me out loads. I hope to give a contribution & help other users like its aided me. Good job.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *