HARI LANSIA

Peringatan Hari Lansia di Taman Krida Budaya

Kader Lansia kel. Tunjungsekar memperingati Hari Lansia Nasional bersama Kader Lansia se-kota Malang, di Taman Krida Budaya. Tanggal 10 oktober 2019.

Hari Lanjut Usia Nasional (Hari Lansia) merupakan salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap 29 Mei sebagai wujud kepedulian dan penghargaan terhadap orang lanjut usia. Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan LansiaLansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas

Hasil Survei Sosial dan Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2018, penduduk lanjut usia di Indonesia mencapai 24,49 juta jiwa. Menurut Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial, Edi Suharto, populasi lanjut usia (lansia) cenderung meningkat sejalan dengan peningkatan kualitas hidup manusia di Indonesia. 

Keluarga merupakan unsur terpenting bagi bangsa dan negara. Dari keluarga kita bisa berharap bisa mewujudkan lansia yang aktif, sehat dan tetap berguna untuk bangsa dan negara .

semua pihak termasuk pemerintah pusat dan daerah dituntut proaktif memberikan dukungan. Masyarakat diharapkan membuka kesempatan seluas-luasnya kepada lansia antara lain dengan memberi kesempatan kerja sesuai kemampuan dan menyediakan ruang-ruang publik untuk mengekspresikan diri para lansia. 

Sarana layanan dukungan bagi lansia seperti sarana peribadatan, layanan dukungan mental, dan spiritual penting disiapkan. Selain itu, diperlukan adanya jaminan kesehatan lansia terlantar di panti jompo atau panti sosial agar lansia merasa dipedulikan dan tidak terasingkan .

sejalan dengan inovasi teknologi komunikasi, penggunaan teknologi dalam mendukung layanan terhadap lansia juga penting karena dapat mewujudkan lansia yang mandiri dan tidak membebani keluarga. Misalnya, dengan memberikan akses layanan negara secara online, baik layanan konsultasi kesehatan, konsultasi ekonomi, dan sosial.

1 thought on “HARI LANSIA

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *