HARI SANTRI

Hari santri upaya membentukan karakteristik bangsa

Sebagai seorang Kader di kelurahan Tunjungsekar di perlukan pula perubahan cara pandang dalam bekerja ataupun menelaah suatu masalah . Penulisan artikel ini semoga memberi gambaran bahwa solusi sebuah masalah bisa kita urai dari berbagai sudut pandang . Seperti halnya peringatan Hari santri ini mungkin bisa memberikan ide-ide baru dalam menghadapi degradasi moral , berkurangnya interaksi sosial akibat gadget dan penguatan nilai-nilai sosial demi kebaikan bersama.

Ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta . Alasan dan latar belakang untuk mengingat, menghargai, mengapresiasi peran historis para santri dalam memperjuangkan dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). . Wikipedia

Peringatan hari santri di kecamatan Rowokele

Pada hari minggu 26 oktober 2019 telah di laksanakan peringatan hari santri nasional untuk ke-4 kalinya. Di hadiri 1560 santri dari 55 TPQ bertempat di balai kecamatan Rowokele , kebumen Jawa tengah. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama PB NU kec. Rowokele , Bpk . Camat , Muspika , kapolsek , KUA di bantu seluruh ustad/ustazah se kecamatan Rowokele .

Ada cerita menarik di balik kegiatan peringatan Hari santri  ini. Kegiatan yang merupakan salah satu keberhasilan swadaya masyarakat merupakan hal yang sangat sulit di temui di daerah perkotaan yang cenderung valuatif dan sangat mengandalkan bantuan dana dari pemerintah . baca Nilai kebersamaan , gotong-royong dalam kesuksesan pembangunan. Di sisi lain ada kisah seorang wanita desa yang menjadi korban sistem nilai desa. Baca Keadilan gender wanita desa.

Maksud dan tujuan di adakannya peringatan Hari santri ini untuk menegakkan bahwa santri adalah pilar negara yang turut memperjuangkan kedaulatan Negara Republik Indonesia. Peringatan hari santri ini juga sebagai wadah mempererat kerukunan dan kekompakan santri sekecamatan Rowokele .

Tantangan di era milenial

Pada jaman Millenial ini terjadi degradasi moral generasi muda , PBNU selaku organisasi kemasyarakatan terbesar di Indonesia merasa bertanggung jawab terhadap pendidikan moral dengan mengedepankan nilai –nilai kesuritauladanan ulama melalui ustad/ustazahnya .

Menurut Pak Joko Waluyo. Spdi. MPD usia 45 th . Selaku pembina penasehat Badan koordinasi TPQ se kec. Rowokele beliau juga sebagai Penyulu Agama Islam fungsional yang menangani pendidikan dan kegiatan keagamaan khususnya agama Islam di kecamatan rowokele . Yang di wawancarai usai memandu acara.

“Ilmu pengetahuan banyak kita dapatkan dari dunia maya seperti google , youtube atau media sosial namun kuranglah cukup untuk membentuk kharakter anak bangsa . Hubungan sosial perlu ditanamkan dengan mengajarkan nilai-nilai budaya ketimuran seperti hormat kepada orang tua , adab terhadap guru dan orang tua dan itu bisa di capai dengan pemberian suritauladan akhlaqul karima dari Nabi besar Rosullullah melalui tabiin , ulama sampai ustad/ustazah”.

Pendidikan Santri di kalangan warga Nadiyin ( sebutan warga NU )

“Pertanyaan siapa warga Nahdlatul Ulama? Jawabannya, menurut dahulu kala, ada anggota alami dan ada organisasi. Anggota organisasi yaitu yang tercatat menjadi anggota, sedangkan yang alami adalah mereka yang mengikuti para ulama,” jelas Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Kabupaten Rembang itu. (Aan Ainun Najib/Mahbib)

Sumber: https://www.nu.or.id/post/read/75128/siapa-nahdliyin-itu-ini-jawaban-kh-maimoen-zubair

Penanaman nilai –nilai nasionalisme terdapat pada syair lagu yaa lalwathon yang di ajarkan pada santri baik di level kampung/TPQ ataupun pondok pesantren. Menurut pak joko warga nadiyin selalu berada  di setiap langkah perjuangan hingga terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia ini. Jadi penanaman jiwa cinta tanah air harus ada di setiap diri santri sebagai wujud cinta dalam sebuah keimanan.

Dari pengalaman ini dapat saya simpulkan bahwa Pendidikan harus di tekankan pada upaya penanaman Nilai-nilai Luhur dan itu tidak bisa kita dapatkan di dunia Maya.

1 thought on “HARI SANTRI

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *