KONSERVASI BURUNG TUNJUNGSEKAR

KONSERVASI BURUNG DI DAERAH PEMBURU BURUNG

Banyaknya pemburu burung di Tunjungsekar melahirkan komunitas senapan angin KOSAMRA. Anggota komunitas ini tersebar se malang raya berjumlah hampir ratusan . Kami kader Pokja sehat meng gandeng mahasiswa UNBRA . untuk melakukan konservasi burung di bamboo mewek terutama burung . Ada beberapa macam burung yang punah sejak 10 th terakhir .

Indonesia sebagai negara yang memiliki keragaman jenis burung liar yang tinggi tak perlu diragukan lagi. Berdasarkan data Burung Indonesia 2015, Indonesia memiliki 1.672 jenis burung yang sekitar 427 jenisnya endemik atau hanya ada di Indonesia. ( baca: UU konservasi )

Posisi ini, menjadikan Indonesia dalam empat besar negara di dunia yang memiliki kekayaan jenis burung terbanyak selain Kolombia, Peru, dan Brasil. Namun banyak ulah yang membuat posisi burung jadi terancam . Pendataan di perlukan untuk melindungi spesies dari kepunahan.

Upaya pendekatan persuasif ini bertujuan memberikan pendidikan kepada masyarakat .
Edukasi bagi masyarakat akan arti pentingnya memutuskan rantai pasokan burung dari penjarahan di alam . Terutama pecinta tembak burung untuk beralih melindungi burung yang kini hampir punah .

selain penembak burung ancaman lainnya adalah para developer perumahan yang menghabiskan lahan terbuka hijau.

Saat ini banyak orang telah memelihara burung yang bermacam-macam jenisnya seperti cucak ijo, burung kacamata/ pleci. Jenis burung pleci banyak dipelihara orang karena suaranya merdu dan beragam . biasanya burung ini sering mengikuti kompetisi burung kicau.

Perburuan liar dan penangkapan secara membabi buta merupakan penyebab utama dari kepunahan beberapa jenis burung di alam liar. Perilaku para pemburu liar yang tidak mempertimbangkan ekosistem demi kelangsungan hidup burung.

Ekosistem burung dengan berbagai jenisnya baik kategori yang berbulu indah atau yang burung yang kategori suara indah kicaua nya merupakan penjaga keseimbangan alam. Sebagai wujud kepedulian kita dalam melestarikan kehidupan satwa burung maka perlu di lakukan tindakan penangkaran.

Jurnal konservasi burung di tunjungsekar akan kami tampilkan di posting an selanjutnya. Tempat konservasi burung sekaligus memanfaatkan green house sebagai tempat pembibitan.


2 thoughts on “KONSERVASI BURUNG TUNJUNGSEKAR

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *