PAPARAN KINERJA LURAH TUNJUNGSEKAR

Paparan Kinerja Lurah , PKK dan alat pendukung pemerintahan

Kegiatan tgl 25 maret 2019 , PAPARAN KINERJA LURAH otonomi award. pada wali kota malang di ruang NCC balai kota Malang. Baca prestasi tunjungsekar dalam 7 tatanan sehat.

PENGERTIAN BEBERAPA ISTILAH

Paparan kinerja lurah tidak lepas dari tugas , pokok, fungsinya. Tugas Lurah adalah melaksanakan Kewenangan Pemerintah yang dilimpahkan oleh Camat. sesuai karakteristik wilayah dan kebutuhan. Daerah serta melaksanakan Pemerintahan lainnya berdasarkan ketentuan Peraturan perundang-undangan.

Lurah merupakan pimpinan dari Kelurahan sebagai Perangkat Daerah Kabupaten atau Kota. Seorang Lurah berada di bawah dan bertanggung jawab kepada camat ,

Istilah Lurah seringkali salah dengan jabatan Kepala Desa. Memang, di Jawa pada umumnya. secara historis pemimpin dari sebuah desa dikenal dengan istilah Lurah. Namun dalam konteks Pemerintahan Indonesia, sebuah Kelurahan dipimpin oleh Lurah. sedang Desa dipimpin oleh Kepala Desa. Tentu saja keduanya berbeda. karena Lurah adalah Pegawai Negeri Sipil yang bertanggung jawab kepada Camat.

PKK ( PEMBINAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA )

Disamping paparan kinerja lurah Tunjungsekar . Juga di sampaikan progam penunjang pemerintahan lainnya. Salah satu wadah organisasi perempuan dimasyarakat Desa dan Kelurahan adalah PKK.

PKK merupakan sebuah gerakan yang tumbuh dari bawah dengan perempuan sebagai penggerak. Dan dinamisatornya dalam membangun. membina, dan membentuk keluarga guna mewujudkan kesejahteraan keluarga sebagai unit kelompok terkecil dalam masyarakat.

Gerakan PKK adalah gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah . Yang bertujuan untuk dapat mewujudkan keluarga-keluarga yang sehat, sejahtera, maju dan mandiri.

PERAN PKK

Peranan kelompok PKK mempunyai arti tersendiri dikalangan masyarakat untuk terwujudnya kesejahteraan keluarga. Yang beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa ber ahklak mulia dan berbudi luhur.

sehat sejahtera, maju dan mandiri sehingga bisa tercukupi nya sandang pangan papan. Kesehatan. sehingga terwujudnya tingkat ekonomi yang semakin meningkat setiap tahunnya melalui peran PKK ini.

PKK merupakan tim penggerak yang dibentuk pemerintah dan organisasi kemasyarakatan yang agar meningkatkan taraf hidup manusia. Meningkatnya kualitas pangan keluarga serta peningkatan pemanfaatan pekarangan melalui halaman asri, teratur, indah dan nyaman (HATINYA). PKK, sandang dan penataan perumahan serta tata laksana rumah keluarga sehat sehingga meningkatnya mutu ekonomi dan taraf hidupnya.

10 PROGAM POKOK PKK

Ada 10 program pokok PKK hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia. Yang meliputi penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan

dan tata laksana rumah tangga. pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, perencanaan sehat.

Untuk melaksanakan 10 program pokok PKK perencanaan, pelaksanaan, pembinaan dan fasilitas i . Dilakukan oleh 4 (empat) kelompok kerja secara luwes dan koordinatif yaitu pokja I, pokja II, pokja III, pokja IV.

PELAKSANAAN 10 PROGAM POKOK PKK

Pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari – hari

1. Pelaksanaan Penghayatan dan Pengamalan Pancasila

Pelaksanaan penghayatan dan pengamalan Pancasila di kelurahan Tunjungsekar . Lebih dititik beratkan pada pembinaan ke taqwa an Kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan adanya pengajian ini tentu banyak ilmu yang bermanfaat yang di dapatkan oleh ibu-ibu PKK. Peng aplikasi an ilmu yang didapat ini dalam kehidupan sehari-har i. Dilakukan oleh ibu-ibu PKK namun tentu ada juga yang tidak melaksanakan.

Penghayatan dan Pengamalan Pancasila dimaksudkan agar dapat diwujudkan keluarga Pancasila yang ber akhlak. bersikap dan memiliki tingkah laku berdasarkan Pancasila.

Memiliki kesadaran dan pengamalan terhadap kehidupan beragama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Mengembangkan sikap hormat menghormati sesama manusia.

dalam arti bersikap menjunjung tinggi harkat dan martabat manusia. mengutamakan kepentingan Nasional di atas kepentingan pribadi.

Mengembangkan sikap perbuatan dan suasana kegotongroyongan dan kekeluargaan. Kesetiaan kepada Negara dan Bangsa serta kewajiban mentaati peraturan-peraturan dan hukum yang berlaku .

GOTONG ROYONG

2. Gotong Royong

Bertujuan untuk mengembangkan perbuatan yang luhur. Yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan ke gotong-royong an. sesuai dengan perkembangan teknologi yang berlaku .

3. Pangan

Prioritas program pangan dengan mewujudkan ketahanan pangan keluarga. melalui penganekaragaman pangan dengan pola pangan 3B (beragam, bergizi, berimbang)

untuk memenuhi keperluan keluarga dan tabungan serta meningkatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

4. Sandang

Proritas program sandang yaitu mengupayakan hak paten untuk melindungi hak cipta desain. Dan mengupayakan keikutsertaan dalam pameran dan lomba desain batik khas tunjungsekar.

LINGKUNGAN SEHAT

5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga

Perumahan berfungsi sebagai tempat berteduh dan berlindung serta dapat memberikan rasa hidup tenteram, aman dan bahagia. Oleh karena itu harus selalu diusahakan perumahan yang memenuhi kesehatan. Teratur lingkungan dan tata laksana nya. untuk meningkatkan mutu hidup dan lingkungan sehat.

Dalam hubungan ini perlu ditanamkan pengertian tentang perbaikan perumahan. Sesuai dengan pola rumah sehat. murah serta mengatur dan merawat rumah dan halaman sebaik-baiknya .

6. Pendidikan dan Keterampilan

Pendidikan dan keterampilan mempunyai prioritas program meningkatkan kemampuan yang berkaitan dengan pengetahuan. Kesadaran dan keterampilan keluarga yang mempunyai anak balita.

mengenai tumbuh kembang anak balita secara optimal .sebagaimana melaksanakan dan mengembangkan kegiatan program Bina Keluarga Balita (BKB).

Meningkatkan mutu dan jumlah pelatihan PKK dengan mengadakan pelatih/Training of trainer (TOT). Serta mengadakan pelatihan menjahit bagi kader atau masyarakat yang ingin belajar menjahit.

Meningkatkan pengetahuan TP PKK dalam kegiatan Pos PAUD melalui kegiatan PAUD. Yang di itegrasikan dengan BKB dan Posyandu dengan perteman mitra PAUD bekerja sama dengan pokja IV. Dan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kader dalam mendidik anak usia dini .

KESEHATAN KELUARGA

7. Kesehatan

PKK kelurahan Tunjungsekar telah melaksanakan telah melaksanakan program kesehatan. Yaitu tentang kesehatan merupakan proiritas utama keluarga sehat. dengan memantapkan Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) . dalam upaya menurunkan prefalensi anak balita kurang gizi. gizi seimbang untuk ibu hamil, ibu menyusui dengan pemberian suplemen zat gizi. (baca kegiatan kader kesehatan)

pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama enam (6) bulan. Makanan Pendamping (MP ASI) dan pemberian makanan tambahan bagi balita. Lansia di posyandu. menjadikan peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

sebagai kebiasaan sehari-hari dengan cuci tangan pakai sabun, menggunting kuku dan optimalisasi posyandu.

8. Pengembangan Kegiatan Berkoperasi

Prioritas program pengembangan kehidupan berkoperasi. adalah dengan meningkatkan kelompok usaha dan kualitas Usaha Peningkatan. Pendapatan Keluarga (UP2K) untuk menumbuhkan kesadaran serta kemampuan ber wirausaha keluarga. juga sebagai usaha menciptakan dan memperluas lapangan kerja. Koperasi ada di tiap PKK tiap RW ( Rukun Warga ) hingga tingkat RT ( Rukun Tetangga ) di bawah kinerja POKJA 2 .

DESA SEHAT

9. Kelestarian Lingkungan Hidup

Tim PKK kelurahan Tunjungsekar telah melaksanakan penyuluhan berjenjang tentang lingkungan bersih dan sehat. Kelestarian lingkungan hidup dilakukan dengan menanamkan kesadaran tentang kebersihan pengelolaan kamar mandi dan jamban keluarga. Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL),

Menanamkan kebiasaan sampah organik dan non organik serta bahan berbahaya dan beracun. untuk di daur ulang selanjutnya ditempat yang benar. baca kegiatan kader lingkungan.

Kemudian upaya masyarakat dalam pelestarian lingkungan hidup dengan pengembangan kualitas lingkungan dan pemukiman.

Kebersihan dan kesehatan. pada pemukiman yang padat dalam rangka terwujudnya kota bersih dan DESA SEHAT.

Serta pencegahan banjir dengan tidak menebang pohon yang ada di pinggir jalan sembarangan. Tidak memaku pohon dan memperbanyak bio pori ataupun sumur resapan.

10. Perencanaan Sehat

Perencanaan sehat dilakukan dengan mengadakan penyuluhan tentang menikah diusia yang cukup (tidak terlalu muda). Mengikuti program KB ( pendataan dan mengatur kelahiran. kegiatan ini bekerjasama dengan Posyandu dan penyuluh KB dari kota.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *