CANTUKA KREATIF PENGELOLAAN POPOK BAYI BEKAS

CANTUKA KREATIF

Cantuka-kreatif merupakan unit produksi yang mengelola popok bayi bekas menjadi produk yang bernilai ekonomis , bahan baku di peroleh dari Bank diapers yang berfungsi menampung hasil cucian diapers dari ibu -ibu yang punya balita . jadi cantuka kreatif tidak memungut di sungai atau tempat sampah.

KERTAS P

Kertas P

Kertas P terbuat dari bagian dalam popok bayi bekas yang di setrika untuk proses penyambungannya . keunggulan kertas p bisa di sobek tapi tahan terhadap air , ketebalan kertas P bisa di atur , kertas P yang paling tipis bisa di aplikasikan untuk lampion , layang -layang ataupun bunga artifisial

OTONOMI AWARD

Produk olahan popok bayi bekas , dari bungkus hingga jelinya
sosialisasi cara pencucian popok bayi bekas

BANTUAN MESIN STERILISASI

Bantuan mesin sterilisasi dari Universitas Brawijaya

Tahap pertama pengolahan limbah popok bayi yaitu dengan mencuci menggunakan detergen yang dilakukan secara manual. Selanjutnya akan digunakan ”byclin” sebagai desinfektan pada tahap  pembunuhan mikroorganisme. Proses ini selain membutuhkan waktu lama sehingga tidak efektif dan efisien juga berbahaya bagi kelestarian lingkungan karena sisa air yang telah mengandung detergen maupun desinfektan itu dibuang begitu saja.

“BAPER-Tech merupakan teknologi sterilisasi yang dirancang khusus dengan prinsip double jacket menggunakan suhu rendah. Yaitu 50-60oC untuk menjaga kualitas serat diaper. Selain itu kami juga menggunakan Hidrogen Peroksida (H2O2) sebagai zat desinfektan yang lebih ramah lingkungan.

Berdasarkan uji laboratorium yang kami lakukan, derajat keasaman (pH) H2O2 lebih netral dengan kekeruhan yang lebih rendah dibanding “byclin”. Teknologi kami ini juga mampu mempercepat proses sterilisasi limbah popok bayi karena BAPER-Tech dapat mengolah hingga 20 limbah popok bayi dalam sekali proses dengan waktu 30 menit.

Kami juga menggunakan metode centrifugal speed sehingga sterilisasi lebih merata dan menyuluruh di setiap permukaan popok bayi,” paparnya. Hasil uji laboratorium Universitas Brawijaya menyatakan popok bayi yang di ujikan bebas bakteri e-coli

100 % olahan popok bayi bekas , ada 26 lebih kreasi bunga dari popok bayi
Apresiasi dari wakil gubenur jawa timur Bpk. Emil dardak
vertikal garden tembok
ukuran 50 cm x 50 cm
Apresiasi dari wakil walikota Malang Bpk. Sofyan edi
pemberdayaan ibu -ibu
Apresiasi dari Walikota Batu ibu Dewanti Rumpoko

Pemerintah kota Batu berencana mengganti seluruh pot di kota batu dengan pot yang berbahan baku popok bayi bekas

Berbagai macam ukuran pot dari kecil hingga ber diameter 60 cm
Apresiasi gubenur jawa tengah Bpk. Ganjar pranowo
aneka bentuk pot , aneka warna , ringan , kuat dan awet bisa di cat lagi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *